Masjid Jin – KAMPUS ZAWIYAH JAKARTA
BERITA JABAR.COM
MASJID Jin atau Al-Jin punya sejarah tersendiri. Masjid yang terletak di kota Makkah, Arab Saudi. Tepatnya di kampung Ma’la dan tidak jauh dari pemakaman kaum Muslim. Di Arab Saudi masjid Al-Jin sering juga dikenal dengan nama Masjid al-Bai’ah.
Masjid ini diberi nama Jin bukan karena didirikan oleh para jin, melainkan tempat beberapa jin menyatakan beriman dan mengucap kalimat syahadat di hadapan Rasulullah.
Masjid Jin juga di sebut sebagai masjid Al Baiah karena para jin telah membuat baiah (perjanjian) kepada Rasulullah untuk beriman dan menjalankan ajaran Rasulullah. Selain itu, masjid Jin juga menjadi saksi bisu atas turunnya wahyu allah kepada Rasulullah yaitu berupa surat Al jin.
Menurut riwayat ketika sedang shalat berjamaah di masjid tersebut Rasulullah SAW beserta sahabatnya membaca suatu ayat yang ternyata tanpa di sengaja terdengar oleh segerombolan jin yang sedang melakukan perjalanan Timahah. Karena terpukau dengan makna Surat Ar-Rahman yang dilantunkan nabi Muhammad SAW, jin tersebut berhenti dan berdialog dengan Rasulullah sesudah shalat subuh, saat itu juga Allah langsung menurunkan surat Al jin.Para Jin itu pun menyatakan keislamannya dan berbaiat kepada nabi Muhammad SAW. Sejumlah riwayat mengungkapkan para Jin yang berbaiat kepada nabi Muhammad SAW berjumlah sembilan. Namun ada juga yang menyebutkan tujuh jin. Para jin itu berasal dari daerah yang berada di antara Suriah dan Iraq, Nasibain.
Bagi masyarakat Indonesia mungkin masjid ini bisa dibiLaNg angker. Namun kenyataannya masjid hanya berukuran sedang ini terkesan jauh dari bangunan yang terbilang angker. Masyarakat setempat pun tetap menggunakan masjid tersebut seperti biasa, lazimnya tempat shalat biasa. (BK)