BERITA JABAR (BK)
BANDUNG.Puluhan ribu personel gabungan dikerahkan untuk mengawal pelaksanaan new normal atau adaptasi kebiasaan baru (AKB) di 15 daerah di Jawa Barat. Personel terdiri mulai dari Polri hingga TNI.
"Total kekuatan personel ada 29 ribu," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso via pesan singkat, 
Erlangga mengatakan personel yang dikerahkan tersebut terdiri dari personel gabungan. Untuk Polri sendiri, ada 17 ribu personel. Sedangkan TNI ada 4 ribu personel.
"Sementara instansi terkait seperti Satpol PP dan kesehatan ada delapan ribu," katany"(Untuk lokasi pengawalan) kita sesuaikan apa yang jadi kebijakan daerah," tutur Erlangga.Pengawalan sendiri disesuaikan dengan aturan yang dikeluarkan Gubernur Jawa Barat. New normal tahap pertama sendiri, dilakukan untuk tempat ibadah.
Sebelumnya, pemberlakuan new normal atau adaptasi kebiasaan baru (AKB) di Jawa Barat akan tetap dilakukan pada Senin 1 Juni 2020. Namun, penerapan new normal hanya akan dilakukan di 60 persen zona biru atau 15 daerah di Jabar. Sementara 12 daerah di zona kuning melanjutkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).
(BK)