7 Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

berita jabar.

Di masa tumbuh kembangnya, Si Buah Hati memerlukan sejumlah nutrisi penting untuk membantu menjaga imunitas tubuhnya. Tujuannya, agar ia tak mudah sakit dan tumbuh kembangnya pun jadi optimal.

Selain zat gizi makro seperti karbohidrat, protein, dan lemak, Si Buah Hati juga memerlukan sejumlah zat gizi mikro seperti vitamin. Beberapa vitamin diketahui dapat bermanfaat menjaga daya tahan tubuh Si Buah Hati. Yuk, kenali jenis-jenis vitamin yang terkandung dalam makanan Si Buah Hati

1. Vitamin A

Si Buah Hati membutuhkan vitamin A untuk mendukung perkembangan indra penglihatan kesehatan kulit, rambut, dan kuku serta menjaga kekebalan tubuh Saking pentingnya, kecukupan asupan vitamin A, pemerintah Indonesia
 

sampai mencanangkan bulan Februari dan Agustus sebagai bulan pemberian suplementasi vitamin A dosis tinggi bagi balita berusia 6-59 bulan.

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) Tahun 2013, anak usia 1-3 tahun membutuhkan 400 mcg vitamin A setiap harinya. Sedangkan anak usia 4-6 tahun kebutuhannya adalah 450 mgc/hari.

Vitamin A bisa Bunda dapatkan dari berbagai jenis sayuran seperti wortel, kubis, bayam, dan selada; aneka buah seperti jeruk, mangga, melon, dan pepaya; serta di produk hewani seperti ikan, susu dan produk turunannya, daging sapi, ayam, telur, dan hati.

2. Vitamin C

Inilah salah satu pendukung kekebalan tubuh Si Buah Hati. Kekurangan vitamin C bisa membuat Si Buah Hati rentan sakit. Tak hanya itu, vitamin C juga membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan.

Anak usia 1-3 tahun membutuhkan vitamin C 40 mg/hari, sedangkan usia 4-9 tahun kebutuhan vitamin C sekitar 45 mg/hari.

Vitamin C sendiri mudah ditemui di berbagai jenis makanan sehat untuk anak, di antaranya jeruk, stroberi, pepaya, paprika, bayam, kangkung, dan brokoli.

3. Vitamin D

Agar tinggi badan Si Buah Hati maksimal, ia membutuhkan asupan vitamin D yang membantu pertumbuhan tulangnya Vitamin D sendiri membuat tubuh Si Buah Hati mampu menyerap kalsium dengan baik, sehingga pertumbuhan tulang dan giginya jadi maksimal.

Kebutuhan vitamin D pada anak di atas usia 1 tahun adalah 15 mcg/hari. Bunda bisa mendapatkan asupan vitamin D dari makanan sehat untuk anak seperti minyak ikan, kuning telur, dan mentega.

4. Vitamin E

Vitamin E dikenal sebagai antioksidan kuat yang mampu melawan radikal bebas penyebab berbagai masalah kesehatan, termasuk kanker.  Vitamin E juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh Si Buah Hati.

Kebutuhan vitamin E adalah 6 mg/hari pada anak usia 1-3 tahun dan 7 mg pada anak usia 4-9 tahun. Sumber vitamin E ada kacang-kacangan, biji-bijian, margarin, dan bayam.

5. Vitamin K

Banyak orang tua kurang mengenal vitamin K. Padahal vitamin K punya banyak manfaat untuk mendukung pertumbuhan optimal Si Buah Hati, di antaranya untuk membantu proses pembekuan darah sehingga Si Buah Hati bisa cepat sembuh ketika terluka. Vitamin K juga bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Kebutuhan vitamin K adalah 15 mcg/hari untuk anak usia 1-3 tahun, serta 20 mcg/hari untuk anak usia 4-6 tahun. Bahan makanan yang mengandung vitamin K di antaranya telur, daging sapi, ikan, bayam, brokoli, dan kembang kol.

Nah, untuk membantu agar kelima vitamin di atas terpenuhi kebutuhannya, Bunda bisa memberi Si Buah Hati susu pertumbuhan pertumbuhan anak usia diatas 1 tahun yang mengandung protein, kalsium, vitamin (A, D, E, K, C), selenium, zinc, omega 3 (ALA), omega 6 (LA), dan Lactobacillus rhamnosus, serta serat pangan inulin. (bk)