Ilustrasi Pohon di Pulau Onrust (GenPI.co)
berita jabar.com
sumedang.  Banyak orang tergiur memiliki kekayaan dengan cara singkat dan mudah tanpa usaha keras. Sebagian memilih melakukan bisnis haram dan usaha ilegal untuk mendapatkan kekayaan. Bahkan tak sedikit yang menjalankan ritual pesugihan.
 tempat usaha atau pun rumah makan yang menggunakan pesugihan ternyata faktual. Beberapa pebisnis masih mengandalkan kekuatan mistis untuk membuat usahanya laris manis. Sekali pun mereka sadar kalau ada nyawa yang dipertaruhkan, tapi demi kesuksesan dan uang yang banyak, hilangnya nyawa tidak lagi dikhawatirkan.
Ritual Pesugihan bertujuan untuk memajukan bisnisnya secara pesat, mendapatkan jabatan yang diinginkan atau kekayaan dalam waktu cepat tanpa banyak melakukan usaha keras.
Meskipun mereka tahu akan konsekuensi yang akan ditanggung diri dan keluarganya. Ritual Pesugihan ini masih diminati banyak orang. Berikut  membeberkan Ritual Pesugihan yang populer di masyarakat.

Pesugihan Makam Buyut Benghar
 yang jadi favorit pelaku pesugihan adalah Makam Buyut Benghar. Tempatnya terletak di Desa Cipaku, Kecamatan Darmaraja, Sumedang, Jawa Barat . Konon, ritual pesugihan di Makam Buyut Benghar  dilakukan dengan cara yang sangat sederhana. Para peziarah sekedar diwajibkan untuk melakukan ritual tapa brata selama tiga hari di bawah sebuah pohon keramat bernama pohon Kihujan konon katanya jika berhasil melakukan rituaal tersebut maka siapapu akan menjadi kaya raya.
Ritual pesugihan Makam Buyut Benghar dilakukan pada hari baik. Jika ingin mendapatkan kekayaan secara mendadak, seseorang harus melakukan ritual pesugihan pada hari Jumat Legi. Atau juga pada tanggal 12 setiap bulan Suro juga jadi waktu yang ramai dikunjungi pelaku pesugihan.
Kedua hari ini dipilih untuk ritual pesugihan karena tepat memperingati wafatnya Eyang Aji Barang  (Eyang benghar) dan Eyang Sakti  (Buyut Geulis). Keduanya adalah pembantu pangeran Diponegoro. Konon, kedua hari tersebut menjadi hari keluarnya khodam pesugihan di Makam Buyut Benghar
Namun sekarang tempat tersebut sudah hilang karna di telan sebuah proyek pembuatan bendungan raksasa bernama bendungan waduk jatigede,namun menurut cerita dari orang -orang sekitar waduk konon katanya kalau setiap malam sabtu kliwon sang buyut benghar suka ada ditempat ia dulu beristirahat,bahkan menurut sangkuncen buyut benghar Ki Joko  mengatakan kepada kami kalau memang sang buyut benghar memang suka menampakan jelmaan berbagai jenis.dan suka mengabulkan permintaan dalam jenis permintan apapun atas ijin yang maha gaib.
kalau makam aslinya sudah dipindahkan ke kawasan ganeas namun tidak banyak yang tahu kalau makam tersebut menyimpan ilmu pembuka kunci supaya orang sukses dan berhasil dalam menempuh kebahagian di bumi ini.(BK)