SUMEDANG (BJ).- Warga Desa Nagrak yang berada di kaki Gunung Tampomas, Sumedang, Jawa Barat, Jumat (17/3) dikejutkan dengan ditemukannya ribuan batu berukuran besar di wilayah perkebunan. Batu-batu sebagian berbentuk persegi panjang dan kotak tersebut dipercaya warga sebagai peninggalan zaman kerajaan.

Pemerintah Kecamatan Buahdua bersama unsur kepolisian Polsek Buahdua meninjau lokasi ditemukannya ribuan batu berukuran besar. Selain berukuran besar, sebagian batu batu tersebut ada yang berbentuk persegi panjang dan kotak.


Batu-batu tersebut terhampar hingga sepanjang seratus meter. Batu-batu tersebut ditemukan warga saat sedang membuka jalan ke area perkebunan.

"Ada kegiatan pembagian jalan usaha tani. Ada warga yang lapor ada batu unik. Katanya bisa jadi potensi wisata," kata Kepala Desa Nagrak Erwin Kuntana, sebagaimana diberitakan beritajabar.com

Sementara itu, Tono mengatakan hamparan batuan-batuan tersebar padat sepanjang 100 meter. Dia memperkirakan batuan tersebut ada di lahan desa seluas 1 hektare. Ada di lahan satu hektare,

Sementara itu, Camat Buahdua Tono Suhartono akan segera menggandeng ahli sejarah. Dia sudah berkonsultasi denga pemerintah kabupaten. "Kami akan menggandeng pihak terkait.

Tono menyebut banyak cerita menganai asal batuan. Dari mulai kerajaan Siliwangi hingga berkaitan sejarang Sangkuriang.

"Kata orang aja, itu batu bekas Sangkuriang yang nggak bisa bangun candi," katanya.

Dia menduga masih ada batu batu lainnya yang tertimbun di bawah tanah di lokasi tersebut. Rencananya lokasi tersebut juga akan dijadikan kawasan wisata dibawah batuan tersebut mengalir sumber air yang jernih.

"Kami masih kaji," kata Tono. (BJ-3)