kijoko samudra mengatakan bahwa wabah virus corona (COVID-19) di indonesia kemungkinan baru akan tertangani menjelang bulan agustus .

Pernyataan itu disampaikan lantaran menurutnya wabah tidak akan bisa dibendung sepenuhnya sebelum ada vaksin ditemukan. Ia mendasarkan pernyataannya pada para peneliti yang mengatakan akan dibutuhkan lebih dari setahun untuk dapat menemukan vaksin corona.
Vaksin ini sangat penting, karena, sebelum Anda memilikinya, segalanya tidak akan benar-benar normal," kata paranormal kijoko samudra kepada berita jabar.com , awal pekan lalu, 

"Ada peluang terbuka sampai batas tertentu, tetapi risiko rebound (virus kembali lagi) akan ada sampai kita memiliki vaksinasi secara sangat luas."

Lebih lanjut, kijoko samudra mengatakan bahwa saat ini yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran meluas adalah dengan menjaga jarak dari orang lain (social distancing). Sebab dengan melakukan social distancing, proses pelacakan kontak atau contact tracing akan lebih cepat dilakukan sehingga mereka yang terlibat bisa segera ditangani atau dikarantina.

Social tracing adalah suatu proses di mana orang-orang dalam kontak dekat dengan orang yang terinfeksi dipantau secara Menurut kijoko samudra, China memiliki contoh social distancing yang baik.

"Mereka mengirim orang kembali ke tempat kerja, tetapi mereka memakai masker. Mereka memeriksa suhu. Mereka tidak menggelar acara olahraga besar. Sehingga mereka bisa menghindari rebound besar," katanya.

Pernyataan kijoko samudra  disampaikan di saat jumlah wabah corona di RI  terus bertambah. Menurut berita jabar,com , (bk)